Perkembangan Janin Dalam Kandungan Dari Minggu 1-40

tahapan perkembangan janin

Tahapan Perkembangan Janin

Jangan sampai melewatkan moment bahagia dalam kehamilan, terutama bagi ibu yang baru pertama merasakan proses kehamilan. Sangat penting untuk di perhatikan proses perkembangan janin dalam kandungan, baik bagi janin ataupun bagi sang ibu. Berikut informasi bagaimana bayi berkembang dalam kandungan, hingga akhirnya sang ibu siap melahirkan.

Perkembangan Janin Minggu Pertama

Proses terjadinya kehamilan pada umumnya ditandai dengan terlambatnya datang bulan. Hal ini di tandai adanya proses pembuahan, ciri umum terjadi ketika kondisi hari terakhir seharusnya menstruasi (Haid) tidak terjadi menstruasi.

Kemudian apa yang terjadi? Faktanya pada minggu pertama dan kedua belum bisa di katakan hamil, mengapa bisa dikatakan demikian? Coba perhatikan.

Dengan ditandai terlambatnya datang bulan, maka proses pembuahan terjadi. Setelah sperma bertemu sel telur, akan membentuk jaringan sel yang berjumlah 100 yang akan menjadi cikal bakal janin.

Bakal janin yang terbentuk akan menmpel pada rahim, sehingga menjadi tempat tumbuh awal berkembangnya janin. Pada tahapan inilah anda sudah bisa dikatakan hamil

Kehamilan Minggu Kedua

Setelah memasuki minggu kedua, embrio yang tumbuh mengalami perkembangan jumlah sel kurang lebih 150 dengan tiga lapisan. Lapisan endoderm, mesoderm dan ektoderm. Ketiga lapisan tadi akan menjadi dasar pertumbuhan bagi organ-organ pada tubuh bayi.

Dari tiga lapisan tersebut akan berkembang seperti organ jantung, otot, tulang dan sistem-sistem saraf pada manusia.

Kehamilan Minggu Ketiga

Memasuki minggu ketiga, ditandai dengan sempurnanya embrio menempel di dinding rahim. Pada masa ini embrio belum memiliki bentuk, karena masih melakukan pembelahan sel untuk perkembangan organ organ sel.

Pada pasa ini juga, terjadi pembentukan plasenta dan ari ari oleh lapisan terluar embrio. Sedangkan sel atau lapisan dalam membentuk organ organ tubuh bayi seperti, otak, tulang belakang, dan organ lainnya.

Jika di ukur, pada minggu ketiga ukuran embrio masih sangat kecil, diperkirakan 1,5 mm.

Kehamilan Minggu ke 4

Memasuki minggu ke 4, ditandai dengan terbentuknya jantung, sehingga menjadi dasar mulai adanya kehidupan janin. Terbentungnya jantung secara beririnngan membentuk pembuluh darah dan terjadi sirkulasi di dalamnya.

Selain itu pada minggu ke empat, embrio mulai membentuk bagian tangan dan kaki. Ukuran embrio pada waktu ini sebesar 5 mm.

Kehamilan Minggu ke 5

Memasuki minggu ke 5, ditandai dengan mulai tumbuhnya tangan namun belum sempurna. Dasar dasar sistem saraf dengan struktur dasar otak sudah mulai terbentuk. Selain itu ditandai juga dengan mulainya perkembangan sel untuk organ mata, teinga dan mulut. Pada minggu ke lima ukuran embrio sebesar 7 mm.

Kehamilan Minggu ke 6

Memasuki minggu ke 6, mulai terjadi perkembangan kaki dengan jari jarinya, bibir pada janin sudah terbentuk, sementara sistem pencernaan baru akan tumbuh. Selain itu kepala pada embrio mula mengalami perkembangan meskipun masih kecil. Pada miinggu ke enam ukuran embrio sebesar 12 mm atau sebesar kacang polong.

Kehamilan Minggu ke 7

Memasuki umur ke 7 minggu usia kehamilan, pada tahapan ini jari-jari mulai terbentuk. Sistem saraf pada embrio sudah berfungsi dengan baik sehingga mulai adanya respon kepada ibunya.

Tidak hanya itu pada minggu ke 7 di tandai dengan adanya perkembangan organ yang nantinya akan menjadi paru-paru. Ukuran embrio pada minggu ke 7 sebesar 19 mm

Kehamilan Minggu ke 8

Memasuki usia kehamilan 8 minggu, embrio yang berkembang dalam rahim ibu sudah bisa di bilang janin. Mengapa demikian, karena pada usia ini embrio sudah pada tahapan memiliki bentuk seperti manusia. Di tandai dengan terlihatnya klopak mata dan hidung.

Pada tahap ini, janin akan di kelilingi oleh plasenta yang sudah terisi air ketuban yang terbentuk dari pelumbuluh darah sang ibu. Fungsi air ketuban yaitu menjaga kestabilan suhu janin, membantu pergerakan janin termasung perkembangan jantung janin. Pada usia ini janin berukuran sebesar 3 cm

Kehamilan Minggu ke 9

Pada usia 9 minngu kehamilan, janin berukuran skitar 5,5 cm. Pada usia ini janin memperlihatkan perkembangan dengan adanya pertumbuhan mata yang menyesuaikan pigmen masing masing sang ibu. Mulai terbentuknya kelenjar air liur, serta sudah mampu membuka mulut nya.

Kehamilan Minggu ke 10

Memasuki suia kandungan 10 minggu, ukuran janin skitar 7.5 cm. Ditandai dengan kepala hingga besarnya melebihi ukuran badannya sendiri. Sel tulang untuk pertama kalinya terbentuk menggantikan tulang rawan.

Organ jantung pada janin sudah bekerja secara sempurna. Pada usia janin 10 minggu, detang jantung janin lebih cepat dua kali lipat dibanding orang dewasa. Detak jantung janin berdetak 180 kali/menit

Kehamilan Minggu ke 11

Memasuki usia kehamilan minggu ke 11, janin mengalami perkembangan dengan di tandai terbentuknya tulang wajah. Terbentuknya kelopak mata namun belum bisa terbuka. Perubahan lain yang terjadi janin sudah bisa mengeluarkan urine.

Perkembangan Bayi Minggu ke 12

Memasuki perkembangan bayi di minggu ke 12, janin dalam kandungan sudah lengkap memiliki organ seperti orang dewasa. Bisa dikatakan terbentuknya organ, otot, kelenjar dan tulang belakang sudah berfungsi. Di minggu ini sampai minggu seterusnya akan terjadi penyempurnaan dan pematangan organ yang terbentuk beserta fungsinya.

Perkembangan Bayi Minggu ke 13-17

Memasuki usia 3-4 bulan kehamilan, janin berukuran antara 10-13 cm dengan berat antara 57-113 gram. Janin dalam kandungan mulai terkoneksi dengan perasaan ibu nya, di tandai dengan mampunya janin tidur dan banngun. Tidak hanya itu, janin mulai bisa menggerakan mulutnya.

Pada minggu ini juga, anda bisa memeriksakan kandungan dengan USG. Karena pada minggu ini jenis kelamin bayi sudah terbentuk.

Perkembangan Janin Minggu ke 18-22

Memasuki usia kehamilan di minggu 18-22, berat bayi dalam kandungan berkisan antara 227-454 gram, dengan panjang mencapai 25-28 gram. Secara fisik ibu janin mulai terlihat perubahan, dengan membesarnya perut yang signifikan.

Janin dalam rahim ibu muali bisa bergerak, sehingga kerap kali ibu merasakan ada gerakan dalam perut, baik pukulan, tendangan atau geliatan. Pada minggu ini juga ditandai dengan munculnya kelenjar minyak dan tumbuhnya bulu-bulu dikepala (lanugo).

Perkembangan Bayi Minggu ke 23-26

Pada minggu ke 23-26, atau usia kandungan 6,5 bulan, organ pankreas pada janin sudah berfungsi. Selain itu paru paru janin sudah matang sempurna terbentuk. Bulu mata dan alis terbentuk juga. Pada usia ini kadang kala terjadi kehamilan, karena berpeluang untuk hidup dibanding kelahiran minggu sebelumnya.

Perkembangan Bayi Minggu ke 27-31

Memasuki usia kehamilan bulan ke 7 bulan lebih, janin sudah mencapai perkebangan 91%. Pada usia seperti ini bisa saja bayi untuk lahir dan bertahan hidup, namun masih ada kemungkinan kemungkinan lain.

Bebrapa kemungkinan yang terjadi biasanya cacat lahir, berat badan bayi tidak standar. Sehingga tetep perlu perhatian yang serius meski sudah memasuki usia awal awal kelahiran

Perkembangan Bayi Minggu ke 32-36

Memasuki usia kehamilan 36 minggu, atau 9 bulan masa kandungan, sebenarnya sudah memasuki usia kehamilan. Gerakan yang dilakukan oleh janin semakin aktif. Pada usia kehamilan ini berat bayi berkisar anata 1,814 gram sampai 2,268 gram dengan panjang mencapai 43 cm.

Perkembangan Janin Minggu ke 37-40

Memasuki minggu trakhir kehamilan, berat janin berkisar antara 2,722 sampai 3,369 gram dengan panjang mencapai 50 cm.  Pada janin berkelamin laki-laki terlihat perkembangan testikel dan skortum yang sempurna. Pada minggu ini bentuk dan organ janin sudah terbentuk secara sempurna beserta fungsinya, maka dengan demikian janin sudah siap untuk lahir

Sumber:
T.W. Sadler, Langman’s Medical Embryology, Lipincott and Williams and Wilkins, 9th edition. • Childbirth Solutions, Week by Week, by Pam Cass; www.childbirthsolutions.com/articles/pregnancy/weeklypregcalendar/index1.php.
Keith L. Moore, The Developing Human–Clinically Oriented Embryology, W.B. Saunders Company, 4th edition, 1998. •
South Dakota Department of Health. 1995. FETAL GROWTH AND DEVELOPMENT
WebMD (2016). Your Pregnancy Week by Week: Weeks 1-4. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/baby/guide/your-pregnancy-week-by-week-weeks-1-4#1 [Accessed Jan. 2019].
Nhs.uk. (2016). Baby at 9, 10, 11, 12 weeks pregnancy – Pregnancy guide – NHS Choices. [online] Available at: http://www.nhs.uk/Conditions/pregnancy-and-baby/pages/pregnancy-weeks-9-10-11-12.aspx [Accessed Jan. 2019].

Leave a Reply