Perkembangan Janin 11 Minggu Kehamilan

Menginjak usia Perkembangan Janin 11 Minggu Kehamilan, kandungan Anda berada pada tahap yang mengesankan. Di samping rentetan perkembangan calon buah hati yang semakin membuat Anda kagum, kemungkinan akan keguguran memasuki usia ini pun dapat diminimalisir.

Namun kewaspadaan Anda harus tetap dijaga mengingat potensi bahaya morning sickness yang berisiko membuat hari-hari Anda terganggu. Berikut penjelasan detailnya

Baca juga : Perkembangan Janin 10 Minggu Kehamilan

Perkembangan Janin 11 Minggu Kehamilan

perkembangan janin 11 minggu kehamilan

Memasuki umur 11 minggu, janin akan mengalami progress yang signifikan. Ukuran tubuhnya sudah mencapai 1.6 inci sementara bobotnya berada di angka 7 gram. Seiring dengan berjalannya waktu, selama tiga minggu ke depan, berat badan calon bayi Anda akan meningkat.

Selain itu, plasenta berkembang dengan baik dalam hal menyuplai nutrisi untuk bayi. Cairan amion dan aktivitas buang air kecil pun sudah bisa dilakukan bayi ke kantong amion.

Pada usia ini ini juga diikuti dengan kemampuan ketuban yang secara stabil menyaring dan menggantikan tubuh Anda untuk mengeluarkan toksin. Diafragma bayi juga menunjukkan kemajuan yang signifikan. Hal ini bisa Anda saksikan dengan kondisi cegukan yang dialami oleh bayi Anda.

Singkatnya, pada tahap ini, semua organ dalam melakukan kinerjanya lebih optimal dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

Adapun tolok ukur lain yang bisa Anda jadikan sebagai panduan mengenai kemajuan janin yang sedang Anda kandung ialah kemungkinan lebih besar menghadapi komplikasi kongenital dan risiko keguguran yang makin bisa ditepis. Tidak hanya itu saja, alat kelamin si buah hati Anda juga sudah muncul dari dalam tubuh, bentuk folikel rambut yang mulai bisa dilihat, iris mata, dan gigi yang merupakan cikal bakal gusi.

Sementara itu, untuk kepala bagian luar, nampak telinga sudah bergerak ke sisi kepala. Di usia 11 minggu kehamilan ini menjadi berita menggembirakan karena sebentar lagi Anda bisa berbicara dan mengajak janin Anda untuk mengobrol. Meskipun berada di dalam kandungan, saat organ telinga sudah terlihat, bayi dapat mendengarkan Anda berbicara.

Perubahan Pada Tubuh

Selama hamil, Anda mungkin pernah mendengar beberapa ungkapan mengenai keinginan orang hamil yang mesti dituruti, alias ngidam. Ya, sebagian besar orang percaya dan wajib untuk merealisasikannya.

Terdapat suatu fase dimana tubuh Anda akan merasakan mual hingga hasrat makan yang aneh, dan hal ini mengacu pada sinyal yang diberikan oleh tubuh dalam memberi tahu sesuatu yang dibutuhkan oleh tubuh Anda sendiri. Walaupun begitu, belum ada penelitian lebih lanjut terkait isu kondisi tubuh pada perkembangan janin 11 minggu kehamilan ini.

Di samping info di atas, penting bagi Anda mengetahui gejala yang terjadi pada diri Anda, terutama terkait bentuk tubuh yang berubah selama masa kehamilan sebelas minggu berlangsung, diantaranya:

  1. Keputihan

Terjadi keputihan yang lebih jernih yang disebabkan oleh pelepasan vagina yang meningkat. Selama keputihan tersebut tidak disertai dengan bau menyengat, rasa gatal, serta darah dapat dipastikan aman. Namun jika Anda menjumpai salah satu dari gejala tersebut pastikan Anda mendatangi dokter untuk memperoleh pengobatan yang tepat.

  1. Kram dan Nyeri Kaki

Jangan lupa untuk mencukupi asupan potasium, kalsium, dan magnesium. Lakukan olahraga secara rutin agar kram tidak mudah menyerang Anda. Namun mengingat rasa kram yang bisa datang tanpa diprediksi, Anda dapat melakukan peregangan sebagai cara alami menghilangkan kram pada usia perkembangan janin 11 minggu kehamilan.

  1. Pertumbuhan Payudara

Banyak wanita hamil yang merasa shock dengan bentuk payudara mereka yang terlihat lebih besar, bahkan saat memasuki trisemester pertama.

  1. Garis Kehamilan

Inilah permasalahan yang juga dikhawatirkan oleh banyak wanita. Kemunculan garis panjang nan gelap yang mengarah secara vertikal ini benar-benar sesuatu yang wajar.

Adapun pemicu mengapa garis ini bisa berubah menjadi gelap ialah karena keberadaan linea nigra. Tanpa memerlukan obat atau konsultasi khusus ke dokter, garis ini akan memudar setelah Anda melahirkan.

  1. Stress

Kadang, perkembangan janin 11 minggu kehamilan juga diiringi dengan mood wanita yang merasa tidak karuan sepanjang waktu. seketika marah bisa melanda hanya dengan dipicu hal-hal kecil dan remeh, belum lagi dengan kejenuhan yang mendera menilik hampir selama berbulan-bulan hanya terbaring di rumah saja.

Guna mengatasi kemungkinan ini, Anda dapat menjajal yoga, meditasi, hingga mendengarkan musik dengan alunan yang lembut dan membuat Anda rileks. Anda juga dapat mengikuti senam ibu hamil yang dekat dengan tempat tinggal Anda.

Kunjungan ke Dokter atau Bidan

Hampir tidak mungkin jika Anda tidak mengalami gangguan psikologis selama kehamilan berlangsung. Kekhawatiran persalinan, hingga dukungan keluarga yang tidak kuat diketahui sebagai pemicunya. Jika Anda menemukan permasalahan ini pada diri Anda, segera berkonsultasi ke dokter atau bidan. Suasana hati dan keadaan Anda tentu akan berpengaruh terhadap perkembangan si buah hati.

Mengenai perubahan lain yang umumnya terjadi, Anda bisa mengalami kenaikan suhu kapanpun dimana hal ini akan memicu pengeluaran keringat yang lebih intens dari biasanya. Sakit perut mengancam kenyamanan Anda dengan konsekuensi ireversibel.

Jika Anda  menjumpai hal serupa, maka segeralah untuk mengunjungi klinik atau rumah sakit agar keluhan Anda memasuki usia 11 minggu kehamilan dapat ditangani oleh dokter dengan dosis dan saran yang tepat.

Kunjungan rutin ke dokter disisi lain akan memberikan manfaat bagi Anda terkait skrinning yang meliputi tes ultrasonik dan biokimia atau pemindaian dan pengambilan sampel darah HCG. Wanita hamil harus dipastikan lulus tes khusus untuk mengetahui protein dan leukositnya di dalam urin, jika hasil yang didapat menyimpang, maka bukan tidak mungkin terdapat kelainan pada janin.

Kesehatan dan Keselamatan

Perkembangan janin 11 minggu harusnya membuat Anda lebih mawas diri, tidak terkecuali dengan makanan yang patut Anda konsumsi dan wajib untuk Anda tinggalkan. Sebab sejumlah makanan dengan pengolahan tidak tepat justru akan memicu datangnya bakteri atau parasit, yang selain mengancam kesehatan Anda juga akan menyerang keselamatan janin.

Hidangan seperti daging atau telur mentah, saus hollondaise, serta keju lunak yang luput dari proses pasteurisasi sebaiknya tidak Anda santap. Hindari pula makanan yang dibekukan kecuali Anda telah memasaknya sampai benar-benar matang, dan sayur atau buah yang tidak dicuci.

Pada usia 11 minggu kehamilan tidak akan berjalan semaksimal perkiraan Anda apabila dalam keseharian Anda tak jeli dalam memilih hidangan laut. Zat mercuri yang ada pada seafood dapat merusak otak janin yang sedang berkembang.

Konsumsi ikan sebanyak 12 ons setiap minggu dengan kunci ikan merupakan produk aman dan tidak terkontaminasi merkuri dapat menyumbang asupan asam lemak Omega 3 dan protein baik yang mampu mendongkrak penglihatan janin serta membuat otaknya berkembang. Pastikan juga Anda tidak meminum alkohol, minuman berenergi, kafein, hingga rokok.

Berkaitan dengan makanan yang baik dikonsumsi saat perkembangan janin 11 minggu kehamilan terjadi, Anda dapat menggunakan termometer makanan untuk menguji suhu internal daging, dan dimasak sampai tidak terlihat bagian merah muda di bagian tengahnya.

Leave a Reply