Perkembangan Janin 12 Minggu Kehamilan

Beberapa dari Anda mungkin merasa kulit Anda mengalami kekeringan, jerawat pada perkembangan janin 12 minggu kehamilan. Hingga perasaan risih untuk segera memencet jerawat dan menghilangkan kulit yang kering pun tak bisa ditmahan lagi.

Tak terkecuali gatal-gatal yang akan mendatangkan strecht mark di badan Anda. Meskipun begitu, Anda tak perlu khawatir, berbekal lotion dengan kandungan yang mumpuni, Anda dapat meminimalisir gatal yang Anda rasakan.

Baca Juga : Perkembangan Janin 12 Minggu Kehamilan

Perkembangan Janin 12 Minggu Kehamilan

Bicara soal perkembangan janin 12 minggu kehamilan, patut Anda pahami bahwa pada umur ini, alat kelamin calon buah hati Anda sudah mulai terbentuk. Namun Anda belum bisa memastikan dengan benar apakah jabang bayi Anda laki-laki atau perempuan. Hal ini karena pembentukan alat kelamin berlangsung selama beberapa minggu dan Anda pun harus sabar dalam menunggu kabar gembira itu.

Dengan panjang 2,5 inci, bayi pada tahap ini sudah memiliki kaki dan lengan yang terbentuk dengan baik. Bayi bahkan sudah dibekali dengan kemampuan menendang dan meninju lantaran pergelangan tangan dan sikunya sudah mampu berada pada posisi membungkuk.

Denyut jantungnya juga terbilang lebih cepat lantaran mempunyai ukuran yang lebih kecil ketimbang denyut jantung Anda. Sehingga jantungnya berdetak dua kali lebih banyak untuk mengimbangi Anda. ukuran jantung yang kecil ini belum bisa berfungsi dengan maksimal dalam hal peningkatan jumlah darah yang dapat dipompa.

Perkembangan Pada Tubuh

Perkembangan Janin 12 Minggu Kehamilan

Perkembangan Janin 12 Minggu Kehamilan

Memasuki usia janin 12 minggu kehamilan, bayi anda dapat dikatakan berukuran menyerupai jeruk bali dan ia akan menggerakkan diri menuju atas tulang panggul. Saat rahim anda bergerak menuju bagian depan perut, anda juga akan merasakan pusing.

Adapun penyebabnya perubahan tubuh ini ialah keberadaan progesteron yang  membuat Anda rileks dan melebar untuk menyuplai aliran darah untuk bayi Anda. Cara terbaik apabila Anda merasakan pusing adalah dengan berbaring dengan kepala tertunduk diantara kedua lutut dan jangan lupa untuk menyiapkan snack sehat agar perkembangan janin 12 minggu kehamilan diimbangi dengan kadar gula Anda yang normal.

Nah, tahap perkembangan jabang bayi ini juga tidak luput dari bahasa seputar nutrisi yang seharusnya diterima oleh bayi. Jika selama ini pikiran Anda terpusat pada makanan dan minuman apa yang mampu mendongkrak tumbuh kembang mereka. Maka Anda berada pada jalur yang tepat.

Ya, Anda tentu mengenal istilah plasenta bukan? Bagian inilah yang bekerja memasok oksigen dan nutrisi untuk bayi melalui tali pusar dan menyingkirkan limbah-limbah yang berada di dalamnya.

Mengingat asupan yang Anda makan akan berdampak besar bagi progres perkembangan janin, maka Anda pun harus memenuhi makanan dengan gizi yang seimbang. Pastikan Anda memperhatikan dengan baik kesehatan dan keselamatan Anda dengan janin dengan cara mengonsumsi hidangan empat sehat lima sempurna.

Biasakan untuk tidak meminum kopi atau minuman yang mengandung kafein, merokok, minuman berenergi, alkohol, hingga konsumsi obat-obatan tertentu tanpa resep yang jelas. Jika pada perkembangan janin 12 minggu kehamilan ini Anda mengalami sakit, Anda bisa berkonsultasi langsung.

Kunjungan ke Dokter/Bidan

Membicarakan perkembangan janin juga tidak terlepas dari pentingnya periksa secara rutin ke dokter atau bidan. Selain untuk memantau kesehatan janin, hal ini juga berguna untuk menghindarkan Anda dari risiko serta bahaya besar yang kadang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Dalam hal ini termasuk untuk mengontrol kadar obat apabila Anda sakit, rekomendasi suplemen kehamilan yang baik, serta kegiatan yang bisa Anda lakukan.

Tak hanya itu saja, dengan rutin mengunjungi dokter, Anda akan memperoleh wawasan seputar gejala umum yang perlu Anda perhatikan saat perkembangan janin 12 minggu kehamilan berlangsung, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kelelahan

Rasa lelah ini umumnya menyerang saat umur bayi masih berada di tahap trimester pertama. Jika Anda menemukan kondisi seperti ini, biasakan untuk beristirahat dengan baik dan tenang. Sebab sebagaimana kondisi ibu hamil pada masa tersebut, Anda juga memerlukan energi yang banyak untuk menghadapi kondisi yang terkadang berlawanan dengan kemampuan Anda sendiri.

  1. Sakit Kepala

Inilah alasan mengapa Anda patut menyediakan snack yang sehat untuk menemani waktu bersantai Anda. Kadar gula yang rendah acapkali membuat anda gampang terserang sakit kepala, belum lagi dengan masalah kehamilan lain pada usia janin 12 minggu kehamilan ini.

Pergilah ke dokter apabila Anda membutuhkan obat penghilang sakit kepala dengan dosis yang tepat dan aman bagi kehamilan.

Saran ini relatif membantu di jaman yang serba canggih dan mudah seperti sekarang. Tidak menutup kemungkinan banyak oknum tidak bertanggung jawab yang memasukkan produk obat ibu hamil demi mengeruk keuntungan berlebih.

Hal Yang Harus Dilakukan Saat Usia12 Minggu Kehamilan

Saat janin Anda menginjak pada usia 12 minggu, inilah waktu terbaik baik Anda untuk melakukan USG. Agar mendorong hasil janin Anda menjadi lebih baik. Sebelum pemindaian anda dapat meminum satu pint air putih. Adapun waktu pemindaian yang memakan durasi 15 sampai 30 menit ini akan menunjukkan perkembangan janin 12 minggu kehamilan dalam bentuk hitam putih.

Sonografer akan mendengarkan detak jantung janin dan mencarinya, kemudian memperkirakan ukuran bayi anda memberikan tanggal kelahiran Anda nantinya. Selama waktu penantian, tak ada salahnya jika Anda menjajal senam khusus untuk ibu hamil atau menjajal sejumlah aktivitas bermanfaat yang mudah dan bisa Anda lakukan di rumah.

Kegunaan olahraga ringan seperti ini selain mampu menghilangkan stress atau rasa bosan lantaran Anda berada di rumah selama terus menerus, juga dapat membantu melancarkan persalinan dan menekan masalah kandung kemih hingga gejala postpartum yang merupakan momok paling menakutkan bagi para ibu hamil di dunia.

Beberapa jenis atau gerakan olahraga untuk ibu hamil mendukung ini bisa Anda telusuri melalui aplikasi, website dan majalah yang diterbitkan dari sumber yang terpercaya.

Cara Mempersiapkan Kelahiran Normal

Selanjutnya, terdapat ulasan mengenai kelahiran alami. Ya, cara bersalin yang sangat dinantikan oleh sebagian besar calon ibu ini bukan dilakukan agar menjadi lemah hati. Rasa sakit serta derita mengerang selama persalinan nyatanya meninggalkan kesan tersendiri bagi ibu.

Seperti namanya, kelahiran normal berarti tubuh memberikan “jalan keluar” untuk bayi lahir secara normal atau biasa. Otot-otot yang berada di sekitar vagina akan merenggang sehingga bayi dapat melewatinya.

Hal ini karena selama kehamilan, leher rahim berada dalam kondisi tertutup dan dipenuhi oleh lendir dengan tujuan agar bayi terhindar langsung dari infeksi. Kemudian serviks akan terbuka secara bertahap. Melentur dan melebar sampai 10 meter, dengan durasi berjam-jam hingga berhari-hari sebelum persalinan dimulai.

Tahap selanjutnya ialah serviks terbuka sampai bayi ada terlahir. Bayi kemudian akan terdorong sampai vagina dan akan lahir. Disinilah Anda harus mengejan dan terasa seperti buang air besar lantaran ada tekanan dari kepala bayi yang mendorong tubuhnya.

Itulah informasi mengenai perkembangan janin 12 minggu kehamilan. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply