Perkembangan Janin 13 Minggu Kehamilan yang Mengagumkan

Sebagaimana mestinya saat anda membicarakan perkembangan janin 13 minggu kehamilan. Usia ini berada pada trimester kedua. Dimana jika pada tahap awal kehamilan Anda sering mengalami mual dan sebagainya, maka pada masa ini Anda dapat dikatakan memiliki kondisi tubuh yang lebih baik.

Meskipun begitu, gejala kehamilan yang dialami setiap wanita tentu berbeda. Beberapa mungkin masih sering mual dan kelelahan.

Baca Juga : perkembangan janin 12 minggu kehamilan

Perkembangan Janin 13 Minggu Kehamilan

perkembangan janin 13 minggu kehamilan

source: orami.co.id

Menginjak usia 13 minggu, janin Anda sudah dibekali dengan jari kaki dengan bentuk yang jelas, sehingga mereka mampu menendang dan meregangkan jemarinya. Ukuran tubuh mereka sebesar telapak tangan. Itulah mengapa saat memasuki perkembangan janin 13 minggu kehamilan ini Anda belum bisa merasakan gerakannya. Sebab gerak mereka hanya berupa kerutan kening saja.

Dengan badan sepanjang kurang lebih 13 inchi, pertumbuhan si buah hati akan terus berjalan dengan berbagai kemajuan seperti berikut:

  1. Memasuki usia ini, kepala bayi berukuran setengah dari panjangnya. Bentuk tubuh ini akan terus berkembang, dimana pada 40 minggu mengandung, ukurannya berubah menjadi ¼ dari ukuran tubuh jabang bayi.
  2. Kabar menyenangkan yang selanjutnya ini pasti akan membuat Anda girang. Jika dahulu pergerakan mereka sangat lembut dan Anda tidak bisa merasakannya, maka lain halnya dengan beberapa minggu ke depan. Ya, tendangan dari jagoan kecil Anda akan bisa Anda rasakan.
  3. Ginjal bayi mulai bekerja memproduksi urin. Bayi kemudian akan mengeluarkan urin menuju cairan amion, dan tubuh akan mengimbangi hal ini dengan melakukan
  4. Lengan, kaki, dan kepala kecil akan melepaskan diri hingga akhirnya berubah wujud menjadi tulang.
  5. Usus yang dulunya berada di luar tubuh yaitu tepatnya berada di tali pusar, kini akan ditarik kembali ke rongga perut.

Perubahan Pada Tubuh

perkembangan janin 13 minggu kehamilan

source: youtube

  1. Plasenta

Perkembangan janin 13 minggu kehamilan rupanya diiringi dengan terbentuknya plasenta. Bagian paling signifikan yang tersusun dari jenis sel serupa dengan embrio ini memiliki berat satu ons.

Plasenta yang terbentuk dengan keras oleh tubuh Anda sejak masa awal hamil ini membuat tubuh Anda harus berusaha dengan keras untuk menyaring cairan amnion dan darah bayi sampai menyuplai nutrisi untuk tumbuh kembang bayi Anda nantinya.

Setelah terbentuk sempurna, plasenta dalam perkembangan janin usia 13 minggu kehamilan memegang peranan penting sebagai pendukung tubuh Anda untuk mengumpulkan energi.

  1. Urin

Anda sebenarnya tidak perlu heran saat Anda merasakan gejala ingin kencing secara terus-terusan. Kondisi ini tidak terlepas dari keberadaan si bayi yang menyumbang tekanan tambahan pada kandung kemih Anda. Sebagai tambahan informasi saja, suasana seperti ini bisa terjadi selama kehamilan Anda masih berlangsung.

  1. Kelelahan

Tubuh yang diharuskan memasok energi ekstra untuk perkembangan janin 13 minggu kehamilan tak jarang dilanda kelelahan. Jauh lebih melelahkan ketimbang biasanya.

Ini mungkin saja terjadi atas perubahan hormon, terutama membludaknya progesteron yang punya kendali atas kelemasan pada tubuh Anda. Sebagaimana diketahui, merasa lelah seperti ini dapat kembali menghampiri wanita saat kandungan berusia tujuh bulan sampai mereka melahirkan.

  1. Perubahan Libido

Peningkatan gairah ini terjadi seiring dengan pengeluaran energi kuat yang ada lakukan. Secara tiba-tiba, Anda bahkan bisa merasakan libido selama minggu ketigabelas.

Namun Anda tidak perlu khawatir sebenarnya lantaran bayi Anda tetap dilindungi oleh amnion pada rahim dan sumbat lendir pada serviks. Tetapi ada baiknya jika seks pada perkembangan janin 13 minggu kehamilan tidak Anda lakukan.

Potensi keguguran, kelahiran bayi prematur, dan pendarahan vagina, serta plasenta previa atau serviks yang tidak kompeten bukan tidak mungkin menjadi momok yang menakutkan bayi kelangsungan hidup ibu dan bayi yang sedang dikandungnya.

  1. Kulit

Rasa gatal hingga kemunculan garis pada area perut, payudara, dan paha memang acapkali membuat Anda kesal. Namun sebetulnya hal ini bukanlah masalah yang serius dan tidak ada cara yang cukup ampuh menghilangkan strechmark ini.

Sederhananya, Anda bisa mulai menggunakan lotion dengan kandungan yang baik, seperti mentega kakao. Hindari juga mandi menggunakan air panas yang berpotensi membuat kulit Anda semakin kering.

Kunjungan ke Dokter/Bidan

Mengunjungi klinik untuk melakukan pemeriksaan terhadap perkembangan janin 13 minggu kehamilan merupakan langkah recomended yang mutlak Anda aplikasikan. Langkah ini tidak terlepas dari segudang kemungkinan dan adanya saran dokter mengenai keluhan yang Anda rasakan selama ini. Diantaranya adalah informasi penting sebagai berikut:

  1. Volume darah

Trimester kedua membuat volume darah Anda meningkat. Situasi ini sejalan dengan keperluan rahim terhadap nutrisi pada bayi yang sedang berkembang. Darah ini juga yang nantinya akan membantu Anda dalam proses persalinan yang menyita banyak darah. Hal ini sama sekali tidak membahayakan terkecuali tubuh Anda berada pada level tekanan darah yang tidak normal atau terlalu rendah.

Dikatakan tidak baik lantaran darah rendah nyatanya mengurangi pasokan darah yang akan diterima oleh bayi Anda dalam menghadapi perkembangan janin 13 minggu kehamilan. Di sisi lain, kekurangan darah akan memicu Anda menjadi gampang pusing. Terlebih saat Anda bangkit dari tidur atau duduk.

  1. Gejala keguguran

Sebaiknya Anda tidak mengabaikan saat Anda menemukan fakta yang menjengkelkan seperti kram di perut, sakit di daerah bahu, pendarahan vagina, hingga gumpalan yang keluar dari tubuh Anda. Tanda-tanda ini tak lain adalah keguguran. Oleh sebab itu Anda wajib jeli.

Kesehatan pada Usia Kehamilan di Minggu ke 13

perkembangan janin 13 minggu kehamilan

source: youtube

Menilik bahaya keguguran pada perkembangan janin 13 minggu kehamilan dengan ciri dan penyebab yang tidak Anda ketahui secara pasti. Tips paling gampang yang bisa Anda aplikasikan ialah dengan memberikan asupan yang bergizi bagi buah hati Anda. Mulai dari sayur mayur, buah-buahan, hingga daging dan susu yang tidak boleh Anda lewatkan.

Pasokan protein sebanyak 71 gram perhari juga harus Anda cukupi, baik dari protein nabati maupun protein hewani. Sertakan produk daging tanpa lemak, susu, kacang-kacangan, kedelai, serta telur yang masih dalam keadaan segar.

Jauhi minuman yang mengandung soda, kafein seperti kopi, minuman berenergi, teh, alkohol, hingga kebiasan merokok ataupun berdekatan dengan perokok pasif saat sudah berada pada usia 13 minggu kehamilan

Anda dapat menyiapkan tisu tepat di sebelah ranjang tempat Anda tidur. Tujuannya agar jika Anda mengalami pendarahan kecil pada hidung Anda tidak perlu bolak-balik kamar mandi. Tapi jika darah yang keluar melalui hidung memiliki volume yang banyak, pergilah ke dokter sesegera mungkin.

Bagaimana? Masih ada yang Anda bingungkan mengenai Perkembangan Janin 13 Minggu Kehamilan? Pastikan terus mengorek informasi yang akurat dan tidak malu bertanya pada orang-orang yang memang paham betul dengan masalah ini ya.

Leave a Reply