Perkembangan Janin 7 Minggu Kehamilan

Bagaimana perkembangan janin 7 minggu kehamilan Bunda? Sebagai calon ibu, tentu mengetahui perkembangan setiap minggu dari kehamilan sangat penting. Supaya Anda tahu apa saja kebutuhan nutrisi terbaik untuknya. Serta mengetahui bagaimana perawatan yang paling tepat agar tumbuh kembangnya berjalan dengan optimal.

Untuk mencari tahu segala hal mengenai usia kehamilan 7 minggu, mari simak ulasan lengkap berikut ini:

Baca Juga: Perkembangan Janin 6 Minggu Kehamilan

Perkembangan Janin 7 Minggu Kehamilan

Perkembangan Janin 7 Minggu Kehamilan

sumber: hallosehat.com

Untuk menggambarkan sebesar apa ukuran janin saat ini, Anda bisa mengibaratkannya dengan biji apel hijau. Nah, ukuran bakunya adalah 1,27 cm. Perkembangan bayi pada minggu ke 7 kehamilan sudah mencapai panjang dua kali lipat ketimbang minggu sebelumnya.

Bantulah bayi Anda yang sedang mulai beradaptasi dengan kehidupan baru di dalam ovarium. Pada minggu ke 7 ini, plasenta yang menghubungkan antara bayi dengan ibunya pada masa kehamilan sudah mulai terbentuk. Plasenta akan menyediakan nutrisi, oksigen, serta pembuangan kotoran bagi sang bayi.

Saat ini, paru-paru serta sistem pencernaan bayi kian terbentuk lebih sempurna. Mungkin, Anda sudah tidak sabar melihat bagaimana rupa bayi ketika lahir nanti. Anda harus benar-benar sabar. Sebab, momen ini masih cukup lama.

Akan tetapi, bayi Anda sedang dalam proses pembentukan. Fitur-fitur pembentuk wajah mulai dari kontur mata, telinga, mulut, dan lain sebagainya mulai terbentuk pada minggu ini. pasti Anda penasaran apakah mirip dengan ibu atau ayahnya?

Nah, pada perkembangan janin 7 minggu kehamilan ini, lengan bayi sudah mulai terbentuk juga lho! tampaknya seperti sebuah dayung kecil.

Perubahan Pada Tubuh

Selain pada janin, perubahan yang kentara juga terjadi pada kondisi fisik Anda. Terjadi perubahan serviks atau leher rahim Anda. Pada minggu ini, rahim akan terus mengalami pembesaran serta sumbat ketuban akan mulai terbentuk. Sumbat ini berfungsi sebagai pelindung rahim dan mengontrol tutup-buka rahim.

Sumbat ini akan ada terus hingga serviks terbuka dan Anda siap untuk melahirkan. Apabila Anda pernah mengalami kehamilan sebelumnya, maka perut bisa menjadi lebih besar ketimbang kehamilan sebelumnya. Biasanya, gejala kehamilan juga akan muncul lebih awal. Inilah yang disebut sebagai efek pemanasan.

Bisa diibaratkan, sebuah balon karet akan lebih mudah untuk ditiup setelah kedua atau ketiga kalinya. Tak jauh beda dengan keadaan perut Anda. rahim menjadi lebih mudah melar dan besar jika Anda pernah mengalami kehamilan. Sebab, otot perut dan ligaen sudah pernah melar sebelumnya, sehingga kali ini lebih mudah untuk melakukannya kembali.

Pada perkembangan janin 7 minggu kehamilan ini, rahim akan membesar dalam waktu yang singkat. Sehingga, akan menimbulkan berbagai gejala seperti panggul tertekan dan sakit punggung. Pada kehamilan yang bukan pertama kalinya, Anda  akan merasakan hal tersebut lebih awal.

Nutrisi Ibu Hamil Usia 7 Minggu

  1. Folic Acid atau Asam Folat

Pada perkembangan bayi di minggu ke 7, Anda sebaiknya makan multivitamin dengan kandungan minimal 400 mcg folic acid. Sebab, zat ini berfungsi untuk mempersiapkan rahim serta mengurangi risiko penyakit seperti spina bifida (tulang belakang yang tidak tertutup sempurna).

Selain itu, konsumsi juga makanan seperti brokoli, kembang kol, wortel, kacang kedelai, jagung, jeruk, jambu klutuk, alpukat, serela dan sebagainya. Bahan-bahan makanan tersebut mengandung asam folat yang lumayan tinggi.

  1. Makanan Bergizi Seimbang

Prinsipnya, makanan yang baik bagi ibu hamil adalah yang memenuhi 4 sehat 5 sempurna. Pertama, makanan harus mengandung karbohidrat. Kedua, sayuran, buah, protein, dan terakhir susu.

Penting bagi Anda untuk memperhatikan porsi makan yang sesuai. Yaitu porsi sayur dan buah-buahan lebih banyak ketimbang nasi. Makanlah dalam porsi yang sedikit tapi sering agar tidak terjadi rasa mual.

Selain itu, dianjurkan untuk makan 5 kali sehari. Termasuk sarapan, makan siang, malam, dan diiringi dengan cemilan pada 3 kali makan tersebut.

  1. Penuhi Kebutuhan Cairan

Selain makanan yang sehat dan bergizi, Anda juga tidak boleh melupakan kebutuhan cairan bagi tubuh. Selama hamil, Anda perlu meminum air sebanyak 8 gelas per hari. cairan tidak melulu harus air putih saja. Anda bisa menyelinginya dengan jus maupun susu.

  1. Hindari Makanan Berikut

Memenuhi kebutuhan nutrisi sangat penting bagi tubuh. Namun, menghindari makanan dan minuman berikut juga tak kalah penting. Beberapa bahan makanan yang sebaiknya dihindari adalah alkohol, mayonaise, telur mentah, daging tidak matang, daging hotdog, sushi, dan seafood dengan kandungan merkuri yang tinggi.

Kunjungan ke Dokter/Bidan

Anda bisa bertanya pada dokter mengenai waktu terbaik untuk mengumumkan pada teman dan keluarga terkait kehamilan yang sedang Anda jalani. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Saat kondisi kesehatan dan perkembangan bayi mungkin, Anda bisa mulai mengungkapkan kabar baik ini kepada semua orang.

Beberapa tes yang mungkin dibutuhkan ketika Anda memasuki usia kehamilan 7 minggu ini diantaranya:

  • Cek berat badan
  • Cek tekanan darah
  • Test urine
  • Mengukur lingkar pinggang
  • Mengecek posisi janin
  • Mendengarkan detak jantung janin
  • Monitor adanya komplikasi yang bisa saja muncul selama kehamilan
  • Melakukan teslain yang diperlukan.

Beberapa tes tersebut dilakukan guna memastikan kehamilan Anda normal serta tidak terjadi berbagai gangguan yang membahayakan kehamilan.

Kesehatan dan Keselamatan

Perhatikan hal-hal berikut ini saat Anda mulai memasuki perkembangan janin 7 minggu kehamilan. Nah, beberapa hal ini mungkin menjadi kecemasan bagi Anda saat mulai hamil:

  1. Menggunakan Komputer Terlalu Sering

Jika Anda merupakan seorang wanita hamil yang bekerja sepanjang hari di depan komputer, pastinya akan bertanya-tanya apakah aman melakukan hal tersebut? apakah hal itu mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi?

Selama bertahun-tahun, ada banyak penelitian dengan objek wanita hamil yang bekerja di depan komputer. Apakah ada risiko keguguran yang diakibatkan adanya medan elektromagnetik dari perangkat tersebut?

Hasil penelitiannya adalah duduk di depan komputer dalam waktu yang lama tidak meningkatkan risiko keguguran ataupun menyebabkan kecacatan lahir pada bayi. Namun, yang menjadi permasalahannya adalah duduk  terlalu lama baik di depan ataupun tidak di depan komputer tidak baik bagi sirkulasi darah.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa sesekali berdiri dan berjalan-jalan. Sebaiknya luangkan waktu bersantai sejenak setelah duduk di depan komputer dalam waktu yang lama.

  1. Paparan Asap Rokok

Selama masa kehamilan, Anda sangat tidak disarankan berada terlalu dekat dengan asap rokok. Sebab, rokok bisa menyebabkan komplikasi plasenta yang akan menurunkan berat lahir dari bayi. Selain itu, asap rokok juga berpengaruh pada IQ bayi.

Belum ada bukti dari para ilmuwan terkait orang yang menghirup asap rokok apakah bisa menyebabkan komplikasi selama kehamilan ataupun tidak. Akan tetapi, Anda tahu bahwa tembakau berbahaya, jadi supaya lebih aman, berhati-hatilah dan hindari paparan asap rokok.

Sekarang Anda sudah tahu apa yang mesti dilakukan dan dihindari pada proses perkembangan janin 7 minggu kehamilan. Sudah siap untuk melaju ke usia kehamilan selanjutnya?

Leave a Reply