Perkembangan Janin 8 Minggu Kehamilan

Mari ketahui sudah sejauh mana perkembangan janin 8 minggu kehamilan Anda. Cari tahu juga apa saja keluhan umum yang biasa dialami oleh wanita hamil pada masa tersebut. Secara harfiah, kandungan Anda sudah berusia 2 bulan lebih. Ini berarti masa-masa trimester pertama sudah hampir terlewati.

Jika terdapat beberapa kebiasaan yang di luar keadaan normal semisal ngidam atau sebagainya, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, calon ayah dan keluarga pasti akan mendukung sepenuhnya. Selain itu, hindari memikirkan hal-hal yang tidak perlu, stress, dan depresi. Hal tersebut justru akan membahayakan kandungan Anda.

Nah, untuk informasi mengenai perkembangan janin 8 minggu kehamilan beserta berbagai hal yang perlu Anda lakukan bisa disimak pada ulasan berikut ini.

Perkembangan Janin 8 Minggu Kehamilan

Perkembangan Janin 8 Minggu Kehamilan

sumber: cintaihidup.com

Tahukah Anda jika pada masa perkembangan 8 minggu kehamilan, bayi sudah sebesar biji kacang merah? Ukuran bakunya sekitar 2,7 cm. janin di dalam kandungan Anda akan bergerak terus serta mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

Sudah barang tentu menjadi kebahagiaan tersendiri saat melihat bayi lahir dalam keadaan yang sempurna secara fisik. Nah, saat ini, tangan dan kaki bayi sudah mulai terbentuk lho! Akan tetapi, kemampuan bayi baru pada batas menekuk siku serta pergelangan tangannya.

Perkembangan juga terjadi pada organ penglihatannya. Netra bayi sudah lebih jelas melihat karena adanya perkembangan pigmen pada retinanya. Perihal sistem pencernaan bayi, ususnya akan terus tumbuh serta tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup pada perut, sehingga usus bayi terlihat menonjol di luar tali pusar hingga usianya mencapai 12 minggu.

Untuk melihat jenis kelamin bayi, kiranya Anda harus cukup bersabar. Meskipun alat kelamin sudah mulai terbentuk, tapi belum cukup jelas untuk mengetahui apakah anak berjenis kelamin laki-laki ataupun perempuan.

Perubahan Pada Tubuh

Terdapat perubahan tubuh yang mulai signifikan pada perkembangan janin 8 minggu kehamilan ya, Bunda! Jadi, persiapkan baju-baju yang lebih longgar untuk dikenakan sehari-hari.

Nah, perubahan fisik yang paling kentara adalah pada bentuk payudara yang semakin besar. sehingga, Anda tidak perlu heran jika bra yang dikenakan semakin ketat. Untuk itu, kenakan bra dengan ukuran yang lebih besar supaya menjalankan aktivitas tetap terasa nyaman. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan kadar hormon untuk mempersiapkan produksi susu.

Saat ini, morning sickness kemungkinan besar masih melanda. Hal tersebut bisa berlangsung hingga trimester kedua kehamilan bahkan ada juga yang mengalaminya sepanjang masa kehamilan. Memang cukup menyiksa, tapi bisa diakali dengan beberapa tips berikut guna mengurangi gejala-gejalanya:

Tips Menghadapi Kehamilan Trimester Kedua

  • Perhatikanlah asupan makan Anda. sebaiknya pilihlah makanan yang tinggi akan kandungan karbohidrat serta rendah lemak. Sehingga, lebih mudah dicerna. Yang perlu dihindari adalah makanan dengan kandungan lemak, minyak dan pedas.
  • Hindari makanan berbau tajam. Salah satu pemicu timbulnya rasa mual adalah aroma menyengat dari makanan. Untuk itu, sebaiknya jangan konsumsi makanan yang berbau tajam semisal durian.
  • Memperbanyak cemilan. Akan lebih baik jika Anda makan dalam porsi yang sedikit tapi sering ketimbang 3 kali sehari dalam porsi yang penuh. Sebab, hal ini malah akan menyebabkan perut kosong selama beberapa waktu sehingga membuat rasa mual semakin parah. Permen rendah gula, buah, dan popcorn bisa jadi pilihan cemilan yang sehat.
  • Penuhi kebutuhan cairan. Anda bisa mengonsumsi air putih ataupun teh jahe untuk memenuhi kebutuhan cairan saat hamil.
  • Menghirup udara yang segar. Jika cuaca sedang cukup bersahabat, bukalah jendela rumah ataupun kantor dan berjalan-jalan santailah di pagi hari untuk mengurangi rasa mual yang muncul.
  • Berhati-hati mengonsumsi vitamin. Jika rasa mual menyerang setelah minum vitamin, bisa juga diiringi dengan minuman dan cemilan.
  • Mencoba akupuntur dan akupresur. Meskipun belum teruji secara klinis, tapi banyak wanita hamil yang mengaku mendingan setelah mencoba terapi ini. belilah gelang akupresur di apotek atau melakukan akupuntur pada ahli yang telah bersertifikat.

Kunjungan ke Dokter Atau Bidan

Sangat penting untuk mengunjungi dokter atau bidan jika Anda memiliki kecemasan mengenai perkembangan janin 8 minggu kehamilan ini. silahkan bertanya apa saja terkait kehamilan ataupun perawatan kehamilan yang mesti dijalani.

Salah satu yang bisa Anda kemukakan adalah mengenai zat adiktif pada makanan tertentu ataupun kadar kafein yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Selalu tanyakan dan mintalah saran pada dokter terkait hal-hal semacam ini.

Terutama jika Anda memiliki keluhan yang tidak wajar pada usia janin 8 minggu kehamilan ini. Seperti munculnya bercak darah pada celana maupun tisu toilet setelah melakukan buang air kecil. Meskipun pada beberapa wanita hamil mengalami hal ini, tapi bisa juga menjadi pertanda terjadinya keguguran.

Untuk itu, kunjungilah dokter atau bidan untuk saran serta pemeriksaan lebih lanjut.

Kesehatan dan Keselamatan

Usia 8 minggu kehamilan adalah masa yang rentan terjadi keguguran, untuk itu, ibu harus ekstra waspada dalam menjaga kehamilannya. Agar masa kehamilan ini kesehatan dan keselamatan bayi maupun ibu tetap terjaga, perhatikan beberapa tips menjaga kandungan berikut ini :

  1. Menjaga Asupan Makanan

Sangat penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian bagi tubuhnya sendiri dan juga sang jabang bayi. Beberapa jenis gizi yang dibutuhkan oleh seorang ibu hamil dalam usia kehamilan 8 minggu adalah zat pembangun (protein), zat tenaga, vitamin dan mineral.

  1. Mengurangi Gejala Morning Sickness

Mengenai hal ini, sudah dibahas pada ulasan sebelumnya.

  1. Porsi Makanan yang Seimbang

Selain memenuhi asupan 4 sehat 5 sempurna, Anda juga harus mengatur porsi yang sesuai. Sebaiknya makanlah dalam porsi sedikit tapi sering. Selain dapat menetralisir rasa mual, hal tersebut juga dapat membantu ibu hamil tidak merasakan  lapar yang terlalu besar.

  1. Konsumsi Suplemen Zat Besi

Ketika usia kandungan sudah mencapai 8 minggu, Anda akan diberi sejumlah suplemen zat besi oleh dokter ataupun bidan. Hal ini disebabkan karena pentingnya zat tersebut untuk membentuk sel darah merah dalam tubuh embrio. Selain suplemen, Anda juga perlu mengonsumsi makanan-makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi.

  1. Mendoakan Kehamilan

Doa adalah perkara yang tidak boleh luput dari usaha Anda untuk menjaga kesehatan dan keselamatan bayi dan ibu. Bukan bermaksud menakut-nakuti, tapi masa hamil dan melahirkan merupakan pertaruhan nyawa bagi ibu maupun bayi. Selain berusaha dengan upaya-upaya di atas, Anda juga perlu memperbanyak doa pada Tuhan Yang Maha Esa.

  1. Berhati-hatilah Konsumsi Obat-obatan

Saat hamil, sebaiknya berhati-hatilah mengonsumsi obat-obatan. Terlebih yang dijual bebas di pasaran. Selain itu, hindari pula obat sejenis antalgin dan tetraciclin. Sebab, obat tersebut bisa mengganggu pertumbuhan embrio serta pembentukan organ vitalnya.

Sangat penting bagi seorang ibu yang sedang hamil untuk berkonsultasi rutin ke dokter minimal sebulan sekali. Ataupun jika Anda memiliki keluhan tertentu yang mengganggu kehamilan. Demikian pembahasan perkembangan janin 8 minggu kehamilan,  selalu bahagia dan kesehatan yang terjaga.

Leave a Reply