Senam Ibu Hamil : Gerakan, Manfaat untuk Memperlancar Persalinan

Pada saat hamil, tentu saja aktivitas Anda harus dibatasi agar tidak membahayakan janin dan kesehatan diri sendiri. Namun, meski aktivitas harus dibatasi, tentu saja Anda tidak boleh melupakan olahraga. Nah, olahraga yang baik adalah senam ibu hamil

Gerakan Senam Ibu Hamil

Senam yang satu ini memang sedang trend dikalangan para ibu hamil yang masih muda. Namun, tidak hanya sebatas menjadi trend saja, bahkan senam untuk ibu hamil sangat dianjurkan. Berikut beberapa gerakan senam untuk bunda yang sedang hamil

  1. Senam Kegel

Kegel atau senam kegel adalah senam yang mudah dan cocok untuk ibu hamil. Mudah saja, caranya dengan mengkontraksikan otot saluran kencing dan vagina. Kegel berfungsi menguatkan otot-otot uretra, kantung kemih, rektum, dan rahim dan mengencangkan vagina

senam ibu hamil senam kegel

sumber: orami.co.id

  1. Senam Jongkok

Senam jongkok dilakukan untuk memperkuat panggul dan paha ibu hamil. Untuk melakukannya mudah saja. Pertama Mulai dengan posisi berdiri tegak, lalu turunkan badan secara perlahan hingga posisi tegak dengan punggung tegak lurus.

Kemudian, bernafaslah secara normal dan tahan posisi ini selama 10 detik, lalu kembali ke posisi berdiri secara perlahan.

senam ibu hamil senam jongkok

  1. Yoga Kupu-Kupu

Yoga kupu kupu atau pose tailor adalah gerakan yoga yang bertujuan mengurangi resiko sakit punggung ibu hamil. Caranya cukup dengan bersila dan punggug tegak, pertemukan telapak kaki, kemudian dorong kesamping bagian lutut hinga meneyentih lantai, lakukan perlahan

yoga kupu kupu

  1. Gerakan Mengangkat Panggul

Senam dengan gerakan mengangkat panggul ke atas ini bermanfaat untuk mengencangkan otot perut dan memberi rasa rileks selama persiapan proses persalinan. Berikut caranya, berbaring telentang dan tekuk kedua lutut. Tarik nafas lewat hidung sambil kencangkan otot perut dan bokong.

Pastikan punggung rata dengan lantai atau matras. Angkat panggul ke atas dan tahan selama 5 tarikan nafas. Kembali ke posisi awal secara perlahan. Mungkin 4 gerakan diatas bisa buda praktekan

Senam-Ibu-Hamil-Mengangkat-Panggul

Manfaat Senam Untuk Ibu Hamil

Buat Anda yang belum tahu apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga untuk ibu hamil, di bawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda rajin mengikuti senam untuk ibu hamil. Bahkan, berbagai macam manfaat yang bisa Anda dapatkan tersebut tidak hanya baik saat masa kehamilan, namun juga baik hingga setelah melahirkan.

  1. Membuat Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Pada saat hamil, terutama jika usia kandungan sudah memasuki trimester ketiga, Anda akan mengalami insomnia atau gangguan tidur. Berbagai macam gangguan seperti rasa sakit karena kram pada kaki, punggung pegal, posisi yang kurang nyaman karena ukuran perut semakin membesar, selalu ingin buang air kecil memang membuat Anda terganggu.

Namun, jika Anda rutin melakukan senamhamil ternyata hal ini dapat membuat tubuh Anda menjadi lelah sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak saat malam hari. Jadi, jika Anda mengalami masalah tidur saat malam hari, maka olahraga ini sangat disarankan untuk Anda lakukan.

  1. Mengurangi Rasa Tidak Nyaman Saat Hamil

Pada saat hamil, Anda akan mudah mengalami berbagai macam gangguan seperti sembelit, sakit punggung, perut kembung, pembengkakan di bagian kaki dan masih banyak yang lainnya. Berbagai macam masalah tersebut tentu saja membuat tubuh Anda menjadi tidak nyaman dan kurang bugar.

Untuk mengatasinya, Anda tidak hanya bisa beristirahat yang cukup, namun Anda juga bisa melakukan senam untuk ibu hamil. Pada saat melakukan senam hamil maka tubuh Anda menjadi lebih aktif untuk bergerak dan ini sangat baik bagi peredaran tubuh Anda.

Selain itu, dengan melakukan senam khusus ibu hamil juga akan membuat otot Anda menjadi lebih kuat. Dengan otot yang lebih kuat, akan membantu untuk mengatasi rasa nyeri saat hamil.

  1. Mengurangi Stres dan Membuat Mood Menjadi Lebih Baik

Bagi wanita yang sedang hamil tentu sangat rentan dengan stress dan mood yang tiba-tiba menjadi buruk. Ternyata, senam hamil sangat bermanfaat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini dikarenakan pada saat Anda berolahraga, maka Anda akan mengeluarkan zat serotonin yang akan membuat perasaan menjadi lebih bahagia.

Selain bisa membuat Anda menjadi lebih bahagia, zat serotonin juga akan membuat Anda menjadi lebih bersemangat. Seperti yang telah Anda ketahui, ibu yang sedang hamil tidak boleh mengalami stress karena akan membahayakan kesehatan janin. Oleh karena itu, agar terhindar dari stress maka Anda wajib untuk melakukan olahraga senam ibu hamil.

  1. Menurunkan Resiko Komplikasi Pada Saat Hamil

Seorang ibu hamil yang rutin melakukan olahraga tiga kali seminggu dapat menurunkan resiko bayi lahir dengan berat berlebih sebesar 54%. Selain itu, dengan rutin berolahraga juga akan membantu Anda untuk menurunkan persalinan secara caesar sebesar 34%.

Selain itu, dengan berolahraga selama hamil juga akan membantu menjaga berat badan sehingga Anda tidak akan mengalami peningkatan berat badan yang berlebih. Jadi, dengan manfaat yang bisa Anda dapatkan ini, apakah Anda masih enggan untuk mengikuti senam untukĀ  ibu hamil?

  1. Menyediakan Energi Bagi Tubuh

Pada saat hamil, wanita lebih cenderung untuk mengurangi aktivitasnya dan bermalas-malasan. Pada saat hamil, energi yang ada di dalam tubuh rasanya juga seperti terkuras.

Namun, jika Anda rutin berolahraga terutama dengan melakukan senam untuk ibu hamil ini, tubuh Anda akan lebih berenergi dan Anda lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tubuh Anda pun akan menjadi lebih sehat dan bugar.

Selain itu, dengan rutin berolahraga saat hamil, juga akan membantu untuk melatih otot Anda. Otot yang sering terlatih tentu sangat baik untuk menghadapi proses persalinan.

  1. Mempersiapkan Tubuh Untuk Proses Persalinan

Bagi sebagian wanita, proses persalinan masih menjadi momok yang menakutkan. Hal ini dikarenakan rasa sakit saat terjadinya kontraksi saat menjelang persalinan. Namun, hal tersebut ternyata dapat diatas dengan mudah. Yakni, Anda harus rutin melakukan senam selama masa kehamilan.

Olahraga yang rutin akan membantu Anda untuk mempermudah proses persalinan dan memperpendek proses persalinan itu sendiri. Tak hanya itu, rutin berolahraga selama hamil juga akan membantu mengurangi komplikasi saat melahirkan.

Hal tersebut disebabkan karena tubuh terbiasa dilatih serta mengeluarkan banyak energi pada saat berolahraga. Dengan manfaat yang dimilikinya ini, tentu akan membuat Anda berpikir bahwa senam hamil tentu sangat penting.

  1. Membantu Memulihkan Tubuh Setelah Persalinan

Tidak hanya membantu Anda untuk mempersiapkan persalinan saja, namun manfaat dari senam ini juga sangat baik untuk memulihkan tubuh Anda setelah melahirkan. Otot yang biasa dilatih saat masa kehamilan akan membuatnya menjadi lebih kuat.

Dengan demikian, proses pemulihan setelah melahirkan pun akan berjalan lebih cepat. Jadi, jika Anda ingin memulihkan tubuh lebih cepat setelah melahirkan, senam ibu hamil menjadi solusi yang baik untuk Anda lakukan.

  1. Memperkuat Jantung dan Paru-Paru

Dengan melakukan senam hamil, hal ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan paru-paru Anda. Sebagian ibu hamil mengeluhkan sesak napas pada saat malam hari, namun jika Anda rajin melakukan senam hal ini akan membantu Anda untuk mengurangi sesak nafas pada malam hari.

Selain itu, dengan rutin melakukan senam juga akan membuat jantung Anda menjadi lebih sehat. Jantung yang sehat dan kuat tentu saja dibutuhkan selama masa kehamilan dan persalinan.

  1. Memperkuat Sendi

Nyeri sendi memang sangat umum dialami oleh wanita yang sedang mengandung. Hal ini dikarenakan perut yang semakin membesar sehingga membuatnya menjadi lebih berat. Akibatnya, nyeri sendi pun tidak bisa dihindari lagi.

Rasa sakit pada bagian sendi pastinya akan membuat aktivitas Anda menjadi terganggu. Selain itu, tidur Anda saat malam hari juga tidak akan nyenyak akibat rasa sakit yang dialami. Untuk mengatasi rasa sakit tersebut, bunda harus rajin berolah raga

Lakukanlah secara rutin untuk mengurangi rasa sakit pada bagian sendi. Paling tidak, Anda bisa melakukan senam sebanyak 3 kali dalam satu minggu.

Dengan berbagai macam manfaat yang sudah Anda ketahui tersebut, tentu saja membuat Anda berpikir bahwa senam ibu hamil sangat penting untuk dilakukan. Jadi, selain Anda bisa mengikuti trend ibu hamil masa kini, Anda juga bisa mendapatkan banyak manfaat dari olahraga yang satu ini.

Leave a Reply