Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan, Mitos Atau Fakta?

Memiliki anak perempuan memang menjadi idaman bagi setiap pasangan. Banyaknya mitos tentang ciri hamil anak perempuan bahkan beredar sangat luas di masyarakat dan sudah sangat dikenal. Mungkin sebagian dari Anda pernah atau bahkan mempercayai hal yang bekembang di masyarakat luas. Saking interest nya, bahkan Anda sampai mempersiapkan calon nama bayi perempuan nantinya

Padahal, satu-satunya ciri yang paling akurat untuk mengetahui jenis kelamin dari sang bayi apakah laki-laki atau perempuan adalah sesaat setelah bayi tersebut lahir. Bahkan, teknologi canggih seperti USG yang ada saat ini pun belum tentu bisa akurat dalam memprediksi jenis kelamin dari si jabang bayi sejak masih di dalam kandungan.

9+ Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan, Perlu Diketahui

ciri hamil anak perempuan

sumber: momjunction.com

Dikarenakan banyaknya faktor yang membuat hasil USG menjadi salah dan kurang akurat. Nah, bagi Anda yang masih percaya dengan beberapa mitos di masyarakat tentang tanda tanda hamil anak perempuan, kiranya apa sajakah hal yang merupakan mitos dan tak patut untuk Anda percayai?

  1. Detak Jantung yang Lebih Cepat

Tidak sedikit masyarakat awam yang mengira bahwa saat Anda hamil dan detak jantung menjadi lebih cepat, maka hal tersebut menandakan bahwa Anda sedang hamil anak perempuan. Sebagian masyarakat percaya, wanita yang sedang mengandung anak perempuan memiliki detak jantung lebih dari 140 detakan per menit.

Padahal, detak jantung seorang wanita yang sedang hamil sangat berpengaruh pada usia kehamilannya. Misalnya, pada usia kehamilan menginjak 5 minggu, maka detak jantung ibu hamil 80 sampai 85 kali per menitnya. Sedangkan untuk usia kehamilan 9 bulan detak jantungnya yakni 170 hingga 200 kali per menitnya.

  1. Bentuk Perut

Tak hanya detak jantung saja yang menjadi tanda hamil anak perempuan dan menjadi mitos di masyarakat. Namun, tidak sedikit juga masyarakat yang percaya bahwa bentuk perut yang agak membuncit lebih tinggi juga menjadi pertanda bahwa Anda sedang hamil anak perempuan.

Padahal bentuk perut ibu saat hamil ini ditentukan oleh berbagai macam faktor seperti bentuk tubuh, usia kehamilan, bentuk rahim, otot perut serta berat badan selama usia kehamilan itu sendiri. Jadi, ciri hamil anak perempuan yang satu ini tidak benar adanya ya.

  1. Kulit Menjadi Berminyak dan Penuh Jerawat

Salah satu kepercayaan kuno yang hingga saat ini tetap ada ialah, saat wanita hamil anak perempuan, maka anak perempuan tersebut akan mencuri kecantikan wajah dari ibunya. Oleh karena itu, wajah sang ibu menjadi lebih berminyak, kusam dan berjerawat.

Padahal hal tersebut merupakan sebuah persepsi yang salah. Masalah kulit yang dialami saat hamil dikarenakan adanya perubahan hormon yang muncul saat hamil. Meskipun Anda mengandung bayi laki-laki, Anda tetap bisa jerawatan karena perubahan hormon dalam tubuh.

  1. Suka Mengonsumsi Makanan Manis

Apakah Anda pernah mendengar jika seorang wanita yang sedang hamil itu suka makan-makanan yang manis itu pertanda  hamil anak perempuan? Jika Anda pernah mendengar hal tersebut dan mempercayainya, tentu hal ini merupakan sebuah persepsi yang salah.

Tidak ada hubungannya jenis makanan yang dikonsumsi pada saat hamil dengan jenis kelamin janin yang sedang dikandungnya. Pada saat hamil, berbagai macam perubahan hormon akan dialami oleh ibu hamil. Hal inilah yang juga membuat selera makan dari ibu yang hamil juga ikut berubah.

  1. Linea Nigra

Apa itu linea nigra? Linea nigra adalah sebuah garis yang berwarna hitam yang melintang dari pusar hingga ke pelvis. Sebelum adanya teknologi yang canggih seperti sekarang ini, orang pada zaman dahulu percaya jika garis linea nigra yang tampak putus-putus ataupun berliku-liku itu menandakan bahwa anak tersebut sedang hamil anak perempuan.

Akan tetapi, garis linea nigra ini kadang terlihat jelas atau bahkan tidak. Jika semakin dekat dengan waktu kelahiran, maka garis linea nigra tersebut akan terlihat semakin nyata. Jadi, seperti ciri hamil anak perempuan lainnya yang sudah dijelaskan, ciri yang satu ini juga hanya mitos belaka.

  1. Merasa Mual di Pagi Hari

Merasa mual di pagi hari saat hamil bisa dibilang menjadi mitos yang hampir dikatakan benar. Menurut sebuah fakta yang sudah dilakukan oleh para ahli morning sickness yang dialami oleh para ibu yang hamil anak perempuan jauh lebih parah jika dibandingkan oleh ibu yang hamil anak laki-laki.

Namun, kondisi tersebut bisa juga disebabkan oleh hyperemesis gravidarum. Kondisi ini merupakan suatu kondisi dimana rasa mual yang para selama waktu kehamilan bahkan sampai waktu kelahiran tiba.

Kondisi yang satu ini pernah dialami oleh Kate Middleton disaat ia mengandung anak pertamanya yaitu Pangeran George. Jadi, rasa mual yang cukup parah pada saat pagi hari atau juga disebut dengan morning sickness belum bisa menjadi penentu jenis kelamin dari janin yang Anda kandung.

  1. Posisi Pada Saat Tidur

Memang, banyak sekali mitos yang berkembang di masyarakat tentang ciri hamil anak perempuan yang satu ini. Beberapa kebiasaan ibu hamil memang sering dikaitkan dengan jenis kelamin dari bayi yang Anda kandung. Bahkan sampai pada posisi tidur ibu yang sedang hamil.

Disaat ibu hamil lebih memilih untuk tidur dengan posisi miring ke kanan, banyak yang percaya bahwa ibu tersebut sedang hamil anak perempuan. Padahal, posisi tidur ini merupakan kenyamanan serta kebiasaan dari ibu pada saat hamil, jadi tidak ada kaitannya dengan jenis kelamin anak yang sedang dikandung.

  1. Rambut Tampak Lebih Kusam

Rambut yang tampak lebih kusam dipercaya bahwa ibu yang sedang hamil sedang mengandung anak perempuan? Apakah hal tersebut betul dan patut untuk Anda percayai? Sekali lagi, hal ini hanyalah mitos belaka. Bahkan, belum ada penelitian yang menjawab tentang mitos ciri hamil anak perempuan satu ini.

  1. Ukuran Payudara

Tidak hanya berbagai macam ciri hamil anak perempuan yang sudah dijelaskan di atas. Bahkan, ukuran payudara dari seorang ibu yang sedang hamil juga dipercaya menjadi penentu jenis kelamin bayi yang sedang dikandungnya.

Orang-orang zaman dahulu sangat percaya, apabila ukuran payudara sebelah kiri lebih besar dari sebelah kanan, maka wanita tersebut sedang mengandung anak perempuan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jena Pincott, seorang jurnalis sains ternyata memberikan data yang lebih rinci. Dimana, wanita yang hamil anak laki-lai ukuran payudaranya akan membesar sekitar 6,3 cm. Sedangkan wanita yang hamil bayi perempuan, ukuran payudaranya akan membesar sekitar 8 cm.

Terlepas dari semua ciri hamil anak perempuan yang berkembang di masyarakat, memprediksi jenis kelamin bayi saat masih berada dalam kandungan memang tidak bisa dilakukan secara akurat. Meski beberapa mitos tersebut telah berkembang secara luas, namun belum ada penelitian ilmiah yang menjawab semua hal tersebut dengan benar.

Sumber: https://www.nichd.nih.gov/health/topics/pregnancy/conditioninfo/signs

Leave a Reply