Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Menantikan kehadiran si kecil merupakan momen yang sangat dinanti-nanti oleh pasangan suami istri. Nah, bagi Anda yang sedang hamil besar, menyiapkan daftar perlengkapan bayi baru lahir merupakan hal yang mengasyikkan untuk dilakukan. Terutama jika Anda sudah mengetahui jenis kelamin bayi Anda.

Pastinya, Anda juga akan menyiapkan berbagai macam perlengkapan bayi yang lucu-lucu untuk dikenakan kepada si bayi setelah lahir ke dunia. Banyaknya perlengkapan bayi saat ini memang membuat sebagian orang tua merasa bingung, kiranya perlengkapan apa saja yang diperlukan saat bayi baru lahir.

15 Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir

daftar perlengkapan-bayi-baru-lahir

sumber: hallosehat.com

Untuk itu, penting bagi Anda untuk membuat daftar perlengkapan bayi yang harus di beli. Mengapa Anda harus membuat daftar perlengkapan bayi yang satu ini? Tentu saja hal ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda tidak ‘lapar mata’ saat melihat berbagai macam perlengkapan bayi yang lucu sehingga membuat pengeluaran Anda menjadi membengkak.

Nah, bagi Anda yang ingin menyambut kehadiran sang bayi, di bawah ini ada daftar perlengkapan bayi baru lahir yang bisa Anda jadikan acuan untuk membeli berbagai macam barang yang dibutuhkan. Apa sajakah itu?

  1. Baju Untuk Bayi

Hal terpenting yang harus Anda siapkan ialah baju untuk bayi. Untuk memilih baju bayi ini ternyata tidak bisa Anda lakukan dengan sesuka hati, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat memilih baju untuk bayi, seperti yang dijelaskan di bawah ini:

  • Siapkan baju lengan panjang sekaligus baju lengan pendek. Dengan memilih model baju tersebut tentu saja agar bisa digunakan sesuai dengan kondisi. Namun, untuk bayi baru lahir disarankan memakai jumper.
  • Pilihlah bahan yang tidak panas sehingga bayi merasa nyaman saat menggunakannya.
  • Pastikan membeli sesuai dengan jenis kelamin, baik itu bayi perempuan ataupun laki laki
  • Pastikan juga pada saat Anda memilih baju bayi, hindari baju dengan gambar yang memiliki jahitan menembus sampai ke dalam. Hal ini karena jahitan tersebut dapat membuat kulit bayi menjadi iritasi dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman.
  1. Celana Untuk Bayi

Selain baju, celana bayi juga jangan sampai Anda lupakan. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan sebelum memilih celana bayi:

  • Biasanya, celana pendek lebih dibutuhkan dalam berbagai kondisi. Namun, jangan lupa juga untuk menyiapkan celana panjang agar bisa digunakan saat udara di sekitar terasa lebih dingin.
  • Pastikan bahwa Anda tidak memilih celana bayi yang memiliki karet lebih kencang. Hal ini untuk menghindarkan rasa tidak nyaman pada bayi.
  1. Kaos Kaki Untuk Bayi

kaos kaki bayi

Kaos kaki bayi juga menjadi salah satu daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus Anda siapkan. Kaos kaki bayi ini berguna agar bayi merasa lebih hangat. Pastikan bahwa Anda memilih kaos kaki bayi yang terbuat dari bahan yang tidak panas sehingga nyaman untuk digunakan.

Mungkin, Anda juga bisa memilih gambar yang lucu untuk membuat bayi tampak lebih imut. Namun pastikan juga bahwa kaos kaki tersebut tidak akan mengganggu kenyamanan bayi dan membuat kulitnya menjadi teriritasi.

  1. Sarung Tangan Bayi

Biasanya, untuk sarung tangan bayi ini dibutuhkan saat bayi baru saja lahir hingga usianya beberapa bulan. Meski sebagian bayi sudah tidak menggunakannya setelah usianya menginjak beberapa bulan, namun tetap saja sarung tangan bayi sangat diperlukan terutama untuk bayi yang baru saja dilahirkan.

  1. Slabber/Bib/Tadah Iler

Nah, untuk perlengkapan bayi yang satu ini memang tidak boleh untuk Anda lakukan. Beberapa bayi yang sudah berusia beberapa bulan sangat membutuhkan slabber atau tadah iler. Selain untuk menampung air liur agar tidak membuat baju menjadi basah, tadah iler juga berguna agar baju tidak kotor saat bayi sedang makan.

Nah, bagi Anda yang ingin membeli tadah iler ini sangat disarankan untuk memilih tadah iler yang menggunakan vecro agar Anda tidak repot untuk mengikatkan tali pada bagian belakang leher.

  1. Topi Bayi

Meski topi bayi tidak perlu diperlukan, namun Anda bisa memasukkan topi bayi ini ke dalam daftar perlengkapan bayi baru lahir. Topi bayi dapat digunakan saat Anda mengajak bayi bepergian agar bisa terhindar dari panas matahari.

Jangan lupa juga untuk memilih bahan yang lembut serta sesuai dengan ukuran kepala bayi. Anda juga bisa mnserasikan dengan jenis kelamin bayi anda, jika bayi laki laki belikan topi dengan tema laki laki, begitupun sebaliknya

  1. Baby Wipes

Baby Wipes atau tisu basah bisa Anda siapkan untuk bayi. Tisu basah ini bisa Anda gunakan pada saat mengganti popok si bayi agar lebih mudah dan tidak ribet. Namun pastikan bahwa Anda memilih tisu basah khusus bayi yang tidak akan membuat kulit bayi menjadi teriritasi.

  1. Popok/Diaper

Pastinya, popok sudah masuk daftar perlengkapan bayi baru lahir dan wajib untuk Anda beli. Pilihlah popok yang sesuai dengan ukuran bayi Anda. Jangan lupa juga untuk memilih popok yang kiranya nyaman untuk dikenakan. Hindari popok dengan bahan yang dapat membuat kulit bayi menjadi teriritasi.

  1. Sabun Bayi

Sabun mandi untuk bayi tentu saja berbeda dengan sabun mandi untuk orang dewasa. Sabun mandi bayi biasanya dibuat khusus agar tidak pedih di mata. Selain itu, kandungan yang ada di dalamnya juga membantu untuk merawat kulit bayi. Saat ini sudah ada banyak sekali merk sabun bayi yang bisa Anda pilih.

  1. Shampoo Bayi

Sama halnya dengan sabun bayi, shampoo bayi juga banyak sekali merknya. Pastikan bahwa Anda memilih shampoo yang dapat merawat kulit kepala sekaligus menutrisi rambut bayi Anda.

  1. Botol Susu

Bagi Anda bayi yang tidak mengkonsumsi ASI, maka botol bayi menjadi perlengkapan yang wajib ada. Ada berbagai macam ukuran dari botol bayi ini yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan usia bayi.

  1. Sikat Botol

Saat Anda membeli botol bayi, jangan lupa untuk membeli sikat botol sekaligus. Bagian dalam botol pastinya sangat sulit untuk dibersihkan. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan sikat botol untuk membersihkan bagian dalam botol agar terhindar dari bakteri dan kuman.

  1. Bak Mandi Bayi

bak mandi bayi

Jangan lupa juga untuk memasukkan bak mandi bayi dalam daftar perlengkapan bayi baru lahir. Ada berbagai macam model dan warna dari bak mandi bayi ini dan Anda bisa memilihnya sesuai dengan kesukaan.

  1. Selimut Bayi

Untuk menjaga bayi agar tetap hangat pada saat tidur, pastikan bahwa Anda tidak melupakan selimut bayi yang satu ini.

  1. Kain Untuk Membedong

Kain yang satu ini sangat diperlukan bagi bayi yang baru lahir. Jadi, jangan sampai Anda lupa untuk membelinya ya!

Masih ada banyak sekali  perlengkapan bayi yang harus Anda siapkan untuk untuk sang bayi. Selain beberapa daftar yang sudah disiapkan di atas, mungkin Anda juga menyiapkan minyak telon, lotion bayi, ranjang bayi, perlak, alat sterilisasi botol susu dan masih banyak yang lainnya.

Menanti kehadiran sang buah hati dan menyiapkan berbagai macam perlengkapan bayi memang menjadi hal yang selalu asik untuk dilakukan. Namun, pertama-tama belilah barang yang diperlukan terlebih dahulu seperti yang ada pada daftar perlengkapan bayi baru lahir di atas. Pastikan juga bahwa pengeluaran Anda tidak membengkak.

Leave a Reply