Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil, Wajib Untuk Dikonsumsi

Pada saat hamil, tentu saja Anda membutuhkan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh dan juga perkembangan janin. Ibu yang sedang mengandung pastinya tidak hanya mengkonsumsi makanan hanya untuk dirinya sendiri. Pastikan Anda memakan makanan sehat untuk ibu hamil, jangan sampai sembarangan.

Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan dengan baik apa saja makanan yang bisa Anda konsumsi. Jangan hanya daftar perlengkapan bayi saja yang Anda perhatikan, tapi makanan jauh lebih penting bagi asupan bunda.

10 Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

makanan sehat untuk ibu hamil

makanan sehat untuk ibu hamil

Penasaran dengan makanan untuk ibu hamil yang bisa Anda konsumsi? Di bawah ini ada beberapa daftar makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh ibu beserta manfaatnya.

  1. Produk Susu

Produk susu ada dalam daftar pertama makanan sehat yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil. Pada saat hamil, pastinya Anda membutuhkan tambahan protein serta kalsium untuk perkembangan dan pertumbuhan janin. Oleh sebab itu, produk susu menjadi salah satu makanan untuk ibu hamil yang wajib untuk dikonsumsi.

Ada banyak sekali olahan susu yang bisa Anda konsumsi, terutama yakni greek yogurt. Olahan susu yang satu ini memiliki kandungan kalsium yang lebih banyak jika dibandingkan dengan olahan susu lainnya. Jadi, greek yogurt sangat baik untuk memenuhi kebutuhan kalsium.

  1. Kacang- Kacangan

Sudah tahu kan, jika kacang merupakan salah satu makanan yang baik untuk Anda konsumsi. Tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, namun kacang juga memiliki banyak sekali manfaat untuk ibu hamil.

Hal ini dikarenakan di dalam kacang mengandung asam lemak esensial, magnesium, kalsium, asam folat zat besi serta protein. Dengan berbagai macam kandungan yang dimilikinya tersebut membuat kacang menjadi salah satu makanan sehat untuk ibu hamil.

Dengan berbagai macam gizi yang dimiliki oleh kacang tersebut juga membantu Anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti sembelit dan wasir yang kerap dialami oleh ibu yang sedang hamil. Sangat bermanfaat bukan?

  1. Ubi

ubi makanan sehat untuk ibu hamil

Ubi merupakan makanan yang disarankan untuk dikonsumsi. Meski saat ini sudah jarang yang mengkonsumsi makanan yang satu ini, namun siapa sangka jika ubi memiliki kandungan karotenoid yang membuatnya berwarna kuning. Tentu saja, kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Pigmen dari kandungan karotenoid dapat diubah menjadi vitamin A saat masuk ke dalam tubuh. Selain itu, di dalam ubi juga terkandung asam folat, vitamin C serta serat yang baik untuk pencernaan Anda dan mengatasi sembelit.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau memang menjadi salah satu makanan yang sangat direkomendasikan untuk siapapun. Untuk ibu hamil sendiri berbagai macam sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kale dan lain sebagainya sangat penting untuk dikonsumsi karena mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk perkembangan janin.

Nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari sayur hijau ini adalah vitamin A, vitamin C vitamin K, zat besi, kalsium, serat, kalium serta folat. Tak cukup sampai disitu saja, bahkan beberapa sayuran hijau seperti brokoli dan lain sebagainya juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh Anda.

  1. Daging

Ada banyak sekali makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa Anda konsumsi. Selain beberapa makanan yang telah disebutkan diatas, ada lagi daging yang menjadi makanan untuk ibu hamil dengan sejuta manfaat yang dimilikinya.

Daging merupakan makanan dengan sumber protein paling berkualitas. Beberapa jenis daging dengan kandungan protein terbaik adalah daging sapi danĀ  daging ayam. Di dalam kedua daging tersebut mengandung vitamin B, kolin, zat besi dan berbagai macam nutrisi lainnya yang sangat Anda butuhkan.

Pada trimester ketiga Anda membutuhkan asupan zat besi yang sangat banyak. Nah, Anda bisa mengkonsumsi daging untuk memenuhi kebutuhan zat besi Anda selama dalam masa kehamilan. Jadi, jangan lupa untuk menyiapkan daging dalam menu makanan Anda.

  1. Ikan Salmon

ikan salmon makanan sehat untuk ibu hamil

Saat hamil, Anda juga membutuhkan omega 3. Untuk bisa mendapatkan omega-3 ini, Anda bisa mengkonsumsi daging ikan salmon. Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa di dalam ikan salmon terkandung omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan janin sejak dalam kandungan.

Selain itu, mengkonsumsi ikan salmon selama masa kehamilan juga dipercaya dapat membuat bayi menjadi cerdas. Jadi, bagaimana? Apakah Anda juga akan memasukkan ikan salmon ke dalam menu mingguan Anda?

  1. Telur

Di dalam sebuah telur, hampir semua nutrisi yang ada sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Oleh karena itu, hal inilah yang membuat telur menjadi makanan sehat untuk ibu hamil dan wajib untuk dikonsumsi. Di dalam telur terkandung kolin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh serta perkembangan otak.

Asupan kolin yang rendah bisa menyebabkan cacat pada janin yakni cacat tabung saraf. Keadaan tersebut membuat fungsi otak pada janin menjadi menurun. Pastinya, setiap ibu tidak menginginkan hal yang satu ini bukan? Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengkonsumsi telur.

  1. Minyak Ikan

Minyak ikan memang memiliki rasa dan bau yang kurang disukai oleh banyak orang. Baunya yang amis membuat orang enggan untuk mengkonsumsinya. Namun ternyata, dibalik baunya yang kurang disukai oleh banyak orang tersebut ternyata minyak ikan sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Minyak ikan ini dapat membantu perkembangan otak serta penglihatan janin. Jadi, jika Anda ingin memiliki anak yang cerdas, Anda harus rajin mengkonsumsi minyak ikan selama masa kehamilan. Nah, saat ini sudah banyak minyak ikan yang dikemas dalam bentuk kapsul sehingga bisa memudahkan Anda untuk mengkonsumsinya.

  1. Buah Berries

ikan salmon makanan sehat untuk ibu hamil

Buah-buahan juga menjadi salah satu makanan sehat untuk ibu hamil yang harus dikonsumsi. Salah satu buah-buahan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil adalah buah berries. Buah ini mengandung banyak sekali vitamin C. Dimana vitamin C tersebut baik untuk kulit bayi serta untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

  1. Alpukat

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini. Ya, buah dengan kandungan lemak baiknya tersebut baik untuk kesehatan janin Anda. Tidak hanya mengandung lemak baik saja, namun di dalam alpukat juga mengandung vitamin B, vitamin E dan vitamin K.

Jika Anda rajin mengkonsumsi buah yang satu ini selama hamil, tidak hanya bisa menyehatkan janin, bahkan bisa membuat kulit Anda terlihat lebih cantik dan tidak kusam. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung ataupun dibuat jus.

Bagaimana? Sangat bermanfaat bukan pembahasan mengenai makanan sehat untuk ibu hamil ini? Nah, jangan lewatkan makanan bernutrisi tersebut dan pastikan masuk ke dalam menu masakan selama masa kehamilan.

Leave a Reply